Bagaimana Flexible Packaging Dapat Membantu Bisnis Anda Naik Level?

Share on whatsapp
Share on facebook

Kemampuan flexible packaging dalam meningkatkan nilai brand dan nilai jual produk masih belum banyak disadari oleh para pengusaha masa kini. Selama ini kemasan masih digunakan sebagai pelindung dari berbagai ancaman yang bisa merusak produk. Potensi kemasan yang bisa mendongkrak efektivitas bisnis lewat beberapa cara dalam kemasan memang belum dimaksimalkan oleh segelintir pengusaha.

Ketika Anda mencetak kemasan fleksibel, sebenarnya Anda tidak hanya mencetak kemasan yang digunakan untuk melindungi produk Anda. Anda tidak hanya mencetak kemasan yang bisa digunakan sebagai penanda produk dari jenis produk serupa lainnya. Di luar dari itu sebenarnya Anda juga sedang mencetak peluang bisnis yang bisa berkembang lebih besar dengan mengeruk mangsa pasar yang lebih luas.

Potensi cetak kemasan fleksibel tersebutlah yang sebenarnya bisa diraih pengusaha untuk membuat bisnisnya naik level. Dengan terus mengedepankan kualitas mutu terbaik untuk menjaga kepuasan konsumen di produk yang Anda jual, cetak plastik kemasan fleksibel juga bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan usaha Anda.

Baca juga : Serba-Serbi Kemasan Sachet 3 Side Seal Yang Harus Diketahui

Untuk penjelasan lebih lengkap, simak rangkuman di bawah ini tentang potensi flexible packaging yang dapat membantu bisnis Anda naik level.

Semua bisnis berhak untuk mendapat kemasan berkualitas

Beberapa tahun yang lalu, kesempatan untuk memiliki flexible packaging yang terlihat berkelas mungkin hanya bisa dinikmati oleh pengusaha partai besar. Kemasan fleksibel yang dicetak full color seolah tidak bias dimiliki oleh pengusaha mikro, kecil, dan menengah yang sedang berkembang. Akibatnya adalah terjadi kesenjangan antara para pebisnis besar dengan pebisnis UMKM.

Padahal sebuah produk yang dikemas biasa saja akan menurunkan citra produk menjadi produk yang tidak menarik walau ternyata rasa yang ada bisa sangat menggugah. Sebaliknya, produk yang dikemas dengan sangat baik akan meningkatkan rasa kepercayaan dan ketertarikan konsumen untuk membeli produk Anda.

Semua bisnis berbagai skala mulai dari industri rumahan yang dikelola perorangan, atau usaha mikro, kecil, menengah, hingga sebuah perusahaan pun memiliki kesempatan untuk memiliki kemasan berkualitas. Kemasan berkualitas yang bisa memberikan Anda kesempatan untuk menarik minat konsumen dalam ceruk pasar yang lebih luas dan dalam.

Kendala yang selama ini dihadapi oleh para pebisnis skala kecil bisa jadi sering tersandung pada jumlah minimal cetak kemasan yang sangat tidak ramah. Hal ini bukan sebuah rahasia lagi, pasalnya, jumlah minimum cetak plastik kemasan fleksibel memang sangat tinggi dan sulit untuk direalisasikan oleh para pengusaha menengah.

Selain dari minimal cetak yang sangat tinggi, perkara harga cetak plastik kemasan fleksibel juga turut berperan dalam menghambat sektor bisnis kelas menengah untuk mendapat kemasan berkualitas. Seperti yang kita tahu, jenis kemasan fleksibel terdiri dari begitu banyak variasi yang bisa digunakan. Beberapa di antaranya memiliki kelebihan tersendiri, dan hal tersebut sangat memengaruhi harga cetak plastik kemasan. Jumlah minimum cetak plastik kemasan dan harga cetak adalah dua hal yang saling berkaitan.

Saat ini dengan kemajuan teknologi, cetak kemasan fleksibel bisa dilakukan oleh semua skala bisnis. Anda bisa mencetak kemasan dengan minimum pencetakan yang sangat rendah. Di zaman modern seperti sekarang ini, kemasan fleksibel berkualitas bisa membantu Anda meningkatkan daya saing produk.

Kemasan berkualitas untuk produk berkualitas        

Produk Anda sudah melalui tahap produksi yang sangat panjang dan dengan serangkaian proses yang mengecek kualitas produk. Tahap-tahap yang ada tersebut tentu saja akan membuat produk yang dihasilkan jauh lebih unggul dan memiliki nilai lebih dari para produk sejenis. Apalagi jika Anda secara khusus menggunakan komposisi yang memiliki mutu tinggi.

Kualitas produk yang sangat baik tersebut perlu diimbangi dengan kemasan yang bisa memiliki jutaan fungsi untuk dikembangkan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kemasan memiliki daya tarik yang luar biasa. Untuk produk yang baru launching di pasaran, kemasan memegang peranan krusial. Karena belum banyak orang yang menggunakan atau mencicipi produk Anda dan salah satu faktor konsumen membeli produk bisa sangat mungkin didorong karena kemasan yang menjanjikan.

Kemasan yang berkualitas dari segi bahan plastik kemasan yang digunakan adalah salah satu investasi yang Anda lakukan secara tidak disadari. Hal ini karena sebuah bahan plastik kemasan yang digunakan untuk mengemas produk Anda sangat menentukan ketahanan produk ke depannya. Bisa dibilang jika produk Anda mungkin saja untuk rusak dengan cepat karena bahan tidak bisa melindungi produk dengan tepat.

Baca juga : Standing Pouch Aluminium Foil Murah Dan Bikin Produk Tambah Laris

Ada begitu banyak bahan jenis kemasan yang bisa digunakan untuk mengemas produk Anda. Namun, pastikan jika bahan plastik yang digunakan mampu menjawab semua kebutuhan produk Anda. Beberapa produk bisa saja cocok dengan bahan aluminium, sebagian yang lain mungkin bisa sangat tepat jika digunakan untuk bahan nylon. Perbedaan tersebut sebenarnya bisa saja memengaruhi ketahanan dan kelayakan produk untuk digunakan atau dikonsumsi.

Jangan biarkan produk berkualitas dikemas dengan kemasan yang tidak layak dan justru mengancam kualitas produk Anda.

Full color dan desain terbaik

Jenis flexible packaging bisa dicetak menjadi kemasan full color dengan beragam desain dan informasi menarik, atau hanya dicetak pada satu sisi kemasan dengan metode sablon hingga stiker. Di antara itu semua, cetak kemasn fleksibel full color bisa dikatakan sebagai bentuk kemasan yang sangat menunjang untuk membuat produk Anda naik level.

Custom design full color yang ada di kemasan fleksibel memungkinkan Anda untuk memberikan semua kebutuhan informasi yang dibutuhkan konsumen. tidak hanya itu, kemasan custom desain full color juga memungkinkan Anda untuk meningkatkan kesadaran merek yang bisa dimaksimalkan melalui kemasan.

Peluang bagi konsumen untuk mengenali produk Anda lebih jauh bisa menjadi hal yang sangat besar karena desain kemasan produk bisa menjadi identitas yang sangat mudah untuk dikenali oleh banyak konsumen baru maupun pelanggan Anda. Untuk itu membuat desain full color dengan warna yang eye catching bisa membantu Anda memaksimalkan potensi kemasan untuk menjadi identitas.

Desain kemasan full color dengan warna terbaik juga mampu memberikan Anda kesempatan untuk masuk ke toko ritel yang memiliki reputasi tinggi di pasaran. Mulai dari pasar tradisional, modern, hingga toko online sekalipun bisa Anda taklukan jika menggunakan kemasan fleksibel full color yang menarik.

Untuk kegiatan promosi, Anda juga bisa memaksimalkannya pada kemasan karena kemasan menjadi hal pertama yang akan dilihat konsumen di manapun berada. Anda tidak mungkin menyebar sales ke seluruh toko dan pasar yang akan menjelaskan program promosi yang sedang berjalan. Untuk itu memberikan informasi tentang kegiatan promosi yang sedang berjalan bisa saja dikemas dalam sebuah packaging yang menarik. Misalnya dengan menambahkan informasi kupon undian, isi produk lebih banyak, beli 2 gratis 1, dan sebagainya.

Berita Lainnya