News Update

Harga Plastik Kemasan

  • 16 April 2020

Berbicara mengenai produksi sebuah produk sebelum sampai ke tangan konsumen pasti melewati proses yang sangat panjang. Hal ini melibatkan banyak komponen, mulai dari proses produksi hingga pengemasan yang akan memakan banyak anggaran. Dalam proses pengemasan misalnya, harga plastik kemasan yang digunakan sebagai alat pengemasan perlu diperhitungkan dengan matang.

Di pasaran, ada begitu banyak jenis bahan kemasan yang bisa digunakan untuk mengemas produk. Namun, bahan plastik sebagai alat pengemas bisa digunakan untuk menunjang semua keperluan produk. Terlebih ada cukup banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan bahan plastik kemasan.

Terdiri dari begitu banyak jenis plastik kemasan, mulai dari kemasan standing pouch, kemasan sachet, roll stock. Anda bisa menggunakan dan memilih beberapa pilihan jenis kemasan tersebut sesuai keperluan. Hal yang perlu diingat adalah setiap kemasan memiliki harga yang berbeda.

Ada beberapa faktor yang membedakan harga plastik kemasan antara satu jenis dengan jenis lainnya. Beberapa di antaranya seperti penggunaan bahan film yang digunakan, kuantitas yang dipesan, hingga penggunaan aksesoris tambahan yang diinginkan. Hal-hal tersebut akan sangat memengaruhi harga plastik kemasan saat pemesanan.

Jika kita melihat perbandingan dari bahan kemasan lainnya, harga plastik kemasan rupanya memang jauh lebih ekonomis daripada jenis material lain. Hal tersebut menyebabkan bahan ini sangat diminati oleh produsen. Flexypack adalah salah satu produsen plastik kemasan dengan kualitas dan harga yang sangat baik. Menggunakan bahan plastik yang sangat fleksibel menjadi pilihan untuk mengemas berbagai macam produk.

Apabila kita bandingkan dengan material lain misalnya seperti kaleng. Sebuah kaleng di pasaran memang memiliki harga yang berbeda, namun rata-rata kemasan kaleng dihargai Rp.3.500/pcs. Belum lagi dengan pembelian minimal yang biasanya harus di atas 500 pcs.

Apabila kemasan kaleng cukup mahal, ada pula kemasan dari toples kaca yang memiliki ukuran beragam. Biasanya kemasan jenis ini akan digunakan untuk mengemas selai, susu, atau sirup. Ukuran yang berbeda dari kemasan botol kaca menyebabkan harga yang berbeda pula. Jauh lebih mahal dari sebuah kemasan kaleng, di pasaran saat ini harga kemasan botol kaca baru dipasarkan mulai dari Rp.10.000 hingga Rp.16.500.

Selain kemasan kaleng dan toples atau botol kaca, material kertas juga cukup banyak digunakan. Bisa dibuat menjadi berbagai bentuk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan, kemasan kertas bisa dibilang cukup ekonomis di kantong para produsen. Harga sebuah kemasan kertas berkisar dari Rp. 1.900 hingga Rp.8.000 tergantung dari ukuran dan jenis material kertas yang digunakan.

Namun, walaupun harganya lebih murah daripada kaleng dan toples kaca, kemasan kertas sangat tidak direkomendasikan untuk produk-produk yang akan melewati masa distribusi yang panjang. Maka tidak heran jika kemasan kertas justru sering digunakan untuk produk-produk yang akan dimakan langsung daripada produk yang akan dikirim ke berbagai lokasi.

Sebagai alternatif untuk para produsen, maka kemasan plastik menjadi solusi untuk bisa memiliki kemasan kekinian dengan harga yang terjangkau. Harga plastik kemasan jauh lebih murah dari semua material yang telah disebutkan sebelumnya.

Agar lebih jelas, melalui artikel ini kami akan mengupas lebih jauh harga cetak yang sangat murah untuk menunjang efektivitas bisnis Anda.

Sachet/3 Side Seal – Nylon – Mulai dari Rp2.300-Rp3.750

Siapa yang tidak mengenal bahan Nylon? Jenis bahan tersebut sudah sangat populer sebagai jenis plastik yang biasa digunakan untuk produk makanan. Bahan Nylon juga menjadi material yang memiliki banyak kelebihan seperti menambah shelf-life produk yang dikemas, serta memiliki ketebalan yang tepat untuk memproteksi produk.

Bahan kemasan sachet nylon yang ada di FlexyPack tersedia dalam dua ukuran, 15×25 cm, dan 20×30 cm. Pemesanan bisa dilakukan dalam kuantitas yang sangat rendah yakni 500 pcs. Kedua ukuran tersebut memiliki harga yang berbeda ditentukan dari kuantitas pemesanan.

Untuk ukuran 15×25 cm dengan kuantitas pemesanan 500 pcs, harga satu pcs yang ditawarkan adalah Rp3.000. Berbeda halnya jika yang dipesan adalah ukuran 20×30 cm, harga yang ada adalah Rp3.750. Harga bisa semakin miring jika Anda memesan 1.000 pcs, karena satu pcs hanya Rp2.700. Sementara jika Anda memesan dalam kuantitas 5.000 pcs, harga satuan hanya Rp2.300.

Kemasan sachet nylon ini bisa dicetak dengan konsep window pouch sehingga kemasan Anda memiliki ruang kosong untuk menunjukkan produk secara langsung. Sudah ada cukup banyak konsumen yang menggunakan jenis kemasan ini karena memudahkan konsumen melihat secara langsung visual produk melalui window pouch yang tersedia.

Sachet/3 side seal – Aluminium – Mulai dari Rp800-Rp2.100

Bahan aluminium terkenal karena kekuatannya melindungi produk dari sinar matahari. Bisa digunakan untuk mengemas bubuk kopi, masker organik, bumbu siap saji, dan produk-produk premium dari produsen yang sangat beragam.

Di FlexyPack, Anda bisa mencetak plastik kemasan fleksibel dengan menggunakan bahan film aluminium di berbagai ukuran. Ukuran yang kami sediakan adalah 8×12 cm, dan 12×15 cm, namun jika Anda membutuhkan ukuran kemasan tertentu, kami bisa menerima permintaan khusus tersebut.

Sangat praktis untuk digunakan produsen maupun konsumen, jenis sachet dengan bahan aliminium harganya lebih murah lagi daripada jenis nylon. Untuk kuantitas cetak 5.000 pcs, harga cetak dimulai dari Rp.800 di ukuran 8×12 cm. Sedangkan kemasan ukuran 12x15cm untuk pemesanan 5.000 pcs ada di angka Rp1.300.

Namun jangan khawatir, untuk Anda yang menginginkan pemesanan di angka 500 pcs, Anda bisa memesannya dengan harga miring. Untuk ukuran 8×12 cm, harganya Rp1.600 sedangkan untuk ukuran 12×15 cm dihargai mulai dari Rp2.100. Harga yang ada sudah termasuk dengan bahan film dan cetak custom design full color. Selama kemasan sedang dicetak, Anda bisa melakukan kegiatan bisnis lainnya.

Standing pouch – Aluminium – Zipper – Mulai dari Rp2.750-Rp4.400

Setelah mengulas kemasan sachet dengan dua bahan, kini kita bisa masuk ke kemasan standing pouch. Seperti kemasan sachet, kami menyediakan dua bahan plastik film yang bisa dicetak ke dalam kemasan standing pouch yakni aluminium dan nylon.

Bahan aluminium tepat untuk produk makanan ringan seperti keripik, permen, snack, dan sebagainya. Ada 3 ukuran yang bisa Anda pilih, yang paling kecil adalah 13×20 cm, 14×23 cm, dan 16×25 cm. Untuk ukuran 13×20 cm, standing pouch aluminium harganya mulai dari Rp.3.350 sedangkan untuk ukuran 14×23 cm mulai dari Rp.3.650 dan ukuran 16x25cm dengan harga Rp.3.950.

Material super aluminium dengan ketebalan 85~105 μm dilengkapi dengan zipper. Material aliminium sangat populer untuk digunakan di kemasan makanan ringan karena bahannya sangat ringan namun tetap bisa melindungi produk dengan baik.

Standing pouch – Aliminium – Degassing Valve – Mulai dari Rp3.800-Rp5.750

Harga plastik kemasan selanjutnya adalah standing pouch dengan bahan aliminium namun secara khusus bisa dipergunakan untuk produk kopi. Sebuah produk olahan kopi maupun biji dan bubuk kopi sebenarnya sangat membutuhkan kemasan yang bisa memproteksi produk dengan baik. Hal ini karena produk kopi memiliki sensitivitas yang sangat tinggi.

Di FlexyPack, Anda bisa mencetak kemasan dalam 3 ukuran yakni 13×20 cm, 14×23 cm, dan 16×25 cm. Harga yang ada sangat beragam dan bisa dicetak dengan kuantitas yang sangat rendah, mulai dari 500 pcs. Kemasan degassing valve juga sudah dilengkapi dengan zipper. Untuk pemesanan di kuantitas paling rendah yakni 500 pcs, dengan ukuran 13×20 cm Anda bisa mendapatkan harga Rp5.250. Sedangkan untuk kemasan berukuran 14×23 cm di angka pemesanan yang sama dihargai Rp5.600 dan untuk ukuran 16×25 cm harganya adalah Rp5.750.

Standing pouch – Nylon – Khusus cairan – Mulai dari Rp3.200-Rp4.450

Kalau tadi kita sudah membahas tentang bahan nylon pada jenis kemasan sachet, yang satu ini adalah bahan nylon yang digunakan secara khusus untuk mengemas produk cairan. Produk cairan memang membutuhkan spesialisasi khusus, karena produk mudah pecah dan terkena risiko lain yang akan merusak produk selama masa distribusi.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan kemasan standing pouch berbahan nylon yang memiliki ketebalan 125 microns. Kami menyediakan kemasan dengan kualitas tersebut untuk dua ukuran yakni 16×25 cm, dan 18×29 cm. Kemasan ini bisa memberikan proteksi lebih pada produk Anda sehingga meminimalisir kerugian yang mungkin saja ada selama masa pengiriman barang.

Anda bisa memesannya dalam minimum cetak 500 pcs dengan harga satuan Rp4.150 untuk ukuran 16×25 cm dan Rp4.450 untuk ukuran 18×29 cm. Sedangkan jika pemesanan kurang lebih 5000 pcs akan mendapatkan harga miring untuk ukuran 16×25 cm adalah Rp3.200 dan Rp3.350 untuk ukuran 18×29 cm.

Standing pouch – Nylon – Zipper – Mulai dari Rp2.500-Rp3.700

Bahan nylon tidak hanya tersedia dalam bentuk sachet, namun juga bisa dicetak dalam bentuk standing pouch. Kemasan yang satu ini juga bisa dicetak ke dalam konsep window pouch yang akan memudahkan Anda untuk menunjukkan visual produk ke konsumen.

Anda bisa menggunakan kemasan standing pouch nylon untuk mengemas produk makanan beku, keripik, sambal, makanan olahan. Tersedia dalam dua ukuran, 13×20 cm, dan 14×23 cm, kemasan berbahan nylon yang dicetak standing pouch memiliki ukuran ketebalan yang cukup untuk menjaga produk tetap berkualitas.

Ukuran kemasan tersebut memiliki harga yang berbeda tergantung dari jumlah pemesanan yang dipesan. Jika Anda memesan dengan kuantitas 500 pcs, harga yang diberikan adalah Rp3.400/pcs untuk ukuran 13×20 cm, harga ini bisa semakin murah apabila melakukan pemesanan di atas 500 pcs. Sementara itu, untuk ukuran 14×23 cm, harga /pcs adalah Rp3.700.

Hemat anggaran cetak plastik dengan cara ini

Anggaran menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan karena akan menyangkut dengan nilai jual produk. Tidak sedikit kasus anggaran kemasan yang pada akhirnya menjadi salah satu batu penghalang untuk para pebisnis meningkatkan kualitas produknya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap memiliki kemasan berkualitas dengan harga miring. Misalnya dengan memperhitungkan kebutuhan sesuai dengan pasokan dan target yang diinginkan. Cetak kemasan pasti akan sangat terikat dengan pasokan barang yang ada. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu melakukan perhitungan yang akurat soal kebutuhan kemasan yang Anda butuhkan. Sehingga Anda tidak perlu mencetak kemasan dalam jumlah berlebihan.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu teliti untuk memilih bahan plastik yang akan digunakan. Pasalnya, bahan plastik akan sangat memengaruhi harga yang ada. Jangan sampai Anda mencetak kemasan di atas bahan yang sebenernya tidak cocok dengan produk Anda. Untuk menghindari hal tersebut, berkonsultasi dengan tim profesional kami bisa menjadi pilihan dan solusi terbaik.

Setelah memahami kebutuhan kemasan dengan sangat baik dan mendapatkan pilihan kemasan terbaik, Anda bisa memanfaatkan harga promo yang menghemat anggaran belanja kemasan produk. Setiap bulan akan ada promo menarik yang bisa digunakan oleh seluruh UMKM dengan sistem dan cara pemesanan yang mudah. Di bulan ini ada promo spesial 17% yang bisa digunakan dengan minimum pemesanan hanya 500 pcs!

Harga cetak plastik kemasan yang sudah dijelaskan sebelumnya merupakan kumpulan harga cetak di luar dari jasa desain kemasan. Harga juga belum termasuk PPN dan ongkos kirim.

Berita Lainnya

Open chat
1
Diskon Merdeka 17% dengan kode coupon "MERDEKA17%" sampai dengan Rp750,000 supaya kemasan kakak tambah keren 🤩dan laku! 🥳

Kemasan apa yang kakak butuhkan hari ini? 😊
[]