News Update

Harga Plastik Kemasan

  • 16 April 2020

Harga plastik kemasan rupanya memang jauh lebih ekonomis daripada jenis material lain. Hal tersebut menyebabkan bahan ini sangat diminati oleh produsen. Flexypack adalah salah satu produsen plastik kemasan dengan kualitas dan harga yang sangat baik. Menggunakan bahan plastik yang sangat fleksibel menjadi pilihan untuk mengemas berbagai macam produk.

Jika kita telusuri lebih jauh, harga sebuah plastik memang sangat ekonomis untuk semua sektor usaha. Coba kita bandingkan dengan material lain misalnya seperti kaleng. Sebuah kaleng di pasaran memang memiliki harga yang berbeda, namun rata-rata kemasan kaleng dihargai Rp.3.500/pcs. Belum lagi dengan pembelian minimal yang biasanya harus di atas 500 pcs.

Apabila kemasan kaleng cukup mahal, ada pula kemasan dari toples kaca yang memiliki ukuran beragam. Biasanya kemasan jenis ini akan digunakan untuk mengemas selai, susu, atau sirup. Ukuran yang berbeda dari kemasan botol kaca menyebabkan harga yang berbeda pula. Jauh lebih mahal dari sebuah kemasan kaleng, di pasaran saat ini harga kemasan botol kaca baru dipasarkan mulai dari Rp.10.000 hingga Rp.16.500.

Selain kemasan kaleng dan toples atau botol kaca, material kertas juga cukup banyak digunakan. Bisa dibuat menjadi berbagai bentuk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan, kemasan kertas bisa dibilang cukup ekonomis di kantong para produsen. Harga sebuah kemasan kertas berkisar dari Rp. 1.900 hingga Rp.8.000 tergantung dari ukuran dan jenis material kertas yang digunakan.

Namun, walaupun harganya lebih murah daripada kaleng dan toples kaca, kemasan kertas sangat tidak direkomendasikan untuk produk-produk yang akan melewati masa distribusi yang panjang. Maka tidak heran jika kemasan kertas justru sering digunakan untuk produk-produk yang akan dimakan langsung daripada produk yang akan dikirim ke berbagai lokasi.

Sebagai alternatif untuk para produsen, maka kemasan plastik menjadi solusi untuk bisa memiliki kemasan kekinian dengan harga yang terjangkau. Harga plastik kemasan jauh lebih murah dari semua material yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, suatu harga juga bergantung kepada beberapa fakor penunjang lain seperti jenis plastik yang digunakan, kuantitas cetak, dan ukuran.

Agar lebih jelas, melalui artikel ini kami akan mengupas lebih jauh harga cetak yang sangat murah untuk menunjang efektivitas bisnis Anda.

Sachet/3 Side Seal bahan Nylon

Siapa yang tidak mengenal bahan Nylon? Jenis bahan tersebut sudah sangat populer sebagai jenis plastik yang biasa digunakan untuk produk makanan. Bahan Nylon juga menjadi material yang memiliki banyak kelebihan seperti menambah shelf-life produk yang dikemas, serta memiliki ketebalan yang tepat untuk memproteksi produk

Terdiri dari berbagai jenis ukuran, harga untuk kemasan sachet atau 3 side seal dengan bahan nylon mulai dari Rp. 1.300/pcs. Di FlexyPack minimum order of quantity (MOQ) sangatlah rendah, hanya 1000 pcs. Harga cetak yang ekonomis dengan MOQ paling rendah bisa sangat menghemat anggaran Anda.

Belum lagi jika Anda mencetak untuk kuantitas 10.000 maka harganya bisa mulai dari Rp.1.000 saja. Harga yang ekonomis tersebut sangat tepat untuk pengusaha di segala sektor, mulai dari UMKM, hingga merek-merek terkenal yang sudah memiliki stabilitas ekonomi.

Sachet/3 side seal bahan Aluminium

Bahan aluminium terkenal karena kekuatannya melindungi produk dari sinar matahari. Bisa digunakan untuk mengemas bubuk kopi, masker organik, bumbu siap saji, dan produk-produk premium dari produsen yang sangat beragam.

Sangat praktis untuk digunakan produsen maupun konsumen, jenis sachet dengan bahan aliminium harganya lebih murah lagi daripada jenis nylon. Untuk kuantitas cetak 1.000 pcs, harga cetak dimulai dari Rp.1.200 untuk ukuran 8×12 cm. Sedangkan kemasan ukuran 12x15cm dibanderol mulai dari Rp.1.550.

Untuk pemesanan di atas 10.000, harga cetak kemasannya hanya Rp.650. Harga yang ada sudah termasuk dengan bahan film dan cetak custom design full color dan selama kemasan sedang dicetak, Anda bisa melakukan kegiatan bisnis lainnya.

Standing pouch bahan Nylon (transparan)

Kalau di awal ada bahan nylon untuk dicetak ke kemasan sachet, ada pula bahan Nylon yang bisa dicetak menjadi jenis standing pouch. Standing pouch sebagai kemasan ideal yang sangat multifungsi memiliki harga yang beragam. Harga plastik kemasan untuk jenis ini mulai dari Rp. 2.950 untuk ukuran 13×20 cm.

Sedangkan untuk ukuran 14×23 cm harga dimulai dari Rp.3.250 dan untuk ukuran 16×25 cm harganya mulai dari Rp.3.550. Setiap ukuran bisa dicetak full color, belum lagi ditambah dengan keberadaan zipper yang ada pada standing pouch. Harga sudah termasuk fitur-fitur unggulan yang ada di standing pouch bahan nylon.

Standing pouch bahan Aluminium

Bahan aluminium tepat untuk produk makanan ringan seperti keripik, permen, makanan setengah jadi, dan sebagainya. Untuk ukuran 13×20 cm, standing pouch aluminium harganya mulai dari Rp.3.350 sedangkan untuk ukuran 14×23 cm mulai dari Rp.3.650 dan ukuran 16x25cm dengan harga Rp.3.950.

Material super aluminium dengan ketebalan 85~105 μm dilengkapi dengan zipper. Material aliminium sangat populer untuk digunakan di kemasan makanan ringan karena bahannya sangat ringan namun tetap bisa melindungi produk dengan baik.

Standing pouch bahan Aliminium dengan degassing valve

Harga plastik kemasan selanjutnya adalah standing pouch dengan bahan aliminium namun secara khusus bisa dipergunakan untuk produk kopi. Sebuah produk olahan kopi maupun biji dan bubuk kopi sebenarnya sangat membutuhkan kemasan yang bisa memproteksi produk dengan baik. Hal ini karena produk kopi memiliki sensitivitas yang sangat tinggi.

Degassing valve sebagai material utama yang menjaga kelembaban dan stabilitas produk merupakan hal penting di standing pouch. Sebuah kemasan standing pouch berukuran 13×20 cm dengan bahan aliminium yang dilengkapi degassing valve harganya dimulai dari Rp. 4.350. sedangkan untuk ukuran medium 14×23 cm dipatok mulai dari Rp.4.650/pcs dan untuk ukuran 16x25cm harga/pcs dimulai dari Rp.4.950.

Tips agar anggaran cetak plastik tidak membludak

Tahap pengemasan pasti juga cukup memakan banyak anggaran. Di situasi sulit seperti saat ini, menghemat anggaran agaknya menjadi hal yang sangat penting untuk keberlangsungan usaha. Supaya anggaran yang dikeluarkan tidak mubazir dan bisa berdampak baik ke produk maupun bisnis Anda, sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum mencetak kemasan.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kredibilitas perusahaan atau jasa cetak kemasan yang akan Anda gunakan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penipuan yang sedang marak terjadi belakangan ini. Anda bisa memulainya dari melihat hasil cetak kemasan atau testimoni pelanggan sebelumnya.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menghitung kebutuhan sesuai dengan pasokan dan target yang diinginkan. Cetak kemasan pasti akan sangat terikat dengan pasokan barang yang ada. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu melakukan perhitungan yang akurat soal kebutuhan kemasan yang Anda butuhkan. Sehingga Anda tidak perlu mencetak kemasan dalam jumlah berlebihan.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu teliti untuk memilih bahan plastik yang akan digunakan. Pasalnya, bahan plastik akan sangat memengaruhi harga yang ada. Jangan sampai Anda mencetak kemasan di atas bahan yang sebenernya tidak cocok dengan produk Anda. Untuk menghindari hal tersebut, berkonsultasi dengan tim profesional kami bisa menjadi pilihan dan solusi terbaik.

Berita Lainnya

Open chat
1
Diskon 50% dengan kode vocer "NAIKLEVEL" sampai dengan Rp1,000,000 supaya kemasan kakak tambah keren 🤩dan laku! 🥳

Kemasan apa yang kakak butuhkan hari ini? 😊