News Update

Jenis Alat Press Plastik Kemasan Apa yang Memperlancar Pengemasan?

  • 30 Juli 2020

Sebelum disebar ke banyak lokasi, sebuah produk yang dijual di pasaran pasti harus melewati tahap pengemasan. Pada tahap pengemasan, ada beberapa langkah yang dijalankan seperti memasukkan produk ke dalam kemasan hingga melakukan penyegelan dengan alat press plastik.

Dalam sebuah produksi, tahap pengemasan memegang peran yang sangat penting sebagai tahapan yang sebenarnya bisa menentukan umur simpan produk. Betul sekali, semakin bagus kualitas jenis kemasan yang digunakan ditambah dengan metode pengemasan yang benar akan sangat menunjang umur simpan produk.

Tidak hanya kualitas jenis kemasan yang bisa sangat menentukan umur simpan produk, teknik atau metode penyegelan yang digunakan pun sangat berpengaruh. Hal ini karena bagian segel di kemasan akan menjadi celah untuk oksigen masuk dan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Bahkan secara lebih jauh bagian segel pada kemasan bisa mengundang serangga masuk yang berakibat pada produk yang rusak.

Sebagus apapun produk yang sudah Anda produksi bisa tetap rusak jika ada celah yang bisa merusak produk pada segel kemasan. Oleh karena itu, kombinasi dari bahan plastik kemasan yang bermutu dengan sebuah sistem penyegelan yang baik juga akan membantu kualitas produk tetap terjaga.

Untuk mendapatkan hasil penyegelan atau sealing yang bagus, Anda tentu memerlukan sebuah alat press plastik yang digunakan untuk menyegel kemasan dengan baik. Alat press plastik dalam hal ini akan sangat membantu Anda mendapatkan hasil penyegelan yang baik untuk menjaga kualitas produk tetap baik sampai ke tangan konsumen.

Alat press plastik

Sebuah alat press plastik terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa digunakan untuk menyegel beragam ukuran plastik kemasan. Banyaknya jenis alat press plastik kemasan yang digunakan sebenarnya juga memengaruhi kualitas produk yang dikemas.

Hal ini karena setiap jenis alat press plastik yang ada memiliki sebuah kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui jenis alat press plastik yang digunakan untuk menyegel kemasan Anda. Setidaknya ada 5 jenis alat press plastik yang sering digunakan selama ini.

Pertama, ada jenis hand sealer sebagai alat press plastik yang sudah sangat terkenal dan digunakan oleh banyak produsen. Alat press plastik ini sangat awam digunakan oleh pengusaha kecil dan menengah karena harga yang ekonomis. Tidak hanya itu, jenis hand sealer banyak digunakan karena mencukupi kebutuhan produksi skala kecil yang dilakukan.

Jenis hand sealer bisa dibilang sebagai alat press plastik yang akan sangat tepat digunakan untuk usaha rumahan sekalipun. Hal ini karena ukuran alat press plastik jenis hand sealer bahkan bisa sangat kecil dan hanya menggunakan daya baterai.

Kedua, selanjutnya adalah jenis foot sealer. Jika hand sealer dioperasikan dengan menggunakan tangan, jenis foot sealer dioperasikan menggunakan kaki sehingga bisa dioperasikan sambil berdiri.

Baca juga: Lebih Pilih Mana, Standing Pouch Transparan Atau Full Printing?

Harga untuk mesin press plastik jenis foot sealer bisa memiliki hasil penyegelan yang cukup panjang. Sehingga jika Anda memiliki ukuran kemasan yang cukup panjang untuk disegel, bisa menggunakan jenis mesin sealer ini. Namun, kebanyakan foot sealer memiliki beban yang cukup berat.

Ketiga, jenis press plastik yang ketiga dan juga banyak digunakan adalah jenis continuous sealer. Untuk jenis yang satu ini, mesin sebenarnya bisa bekerja secara otomatis dengan hasil yang cukup maksimal. Alat press plastik jenis continuous sealer ini menjadi jenis sealer yang disarankan untuk hampir semua sektor bisnis.

Beroperasi dengan menggunakan tenaga listrik, continuous sealer memiliki bobot yang juga cukup berat. Ada dua jenis mesin continuous sealer yang tersedia di pasaran yaitu untuk digunakan pada kemasan vertikan dan kemasan horizontal.

Keempat, cup sealer adalah jenis keempat yang digunakan untuk menyegel produk. Namun, jenis yang keempat ini tidak bisa digunakan pada kemasan fleksibel. Sesuai dengan namanya, jenis ini hanya digunakan untuk gelas plastik khususnya gelas plastik berbentuk lingkaran.

Kelima, vacuum sealar. Kalau vacuum sealer, alat sealer yang satu ini pasti digunakan untuk produk yang dikemas dengan menggunakan jenis plastik vacuum. Vacuum sealer bisa sangat bermanfaat untuk produk yang mudah basi seperti frozen food atau makanan organik tanpa bahan pengawet.

Hanya saja, pemakaian sealer plastik ini secara khusus diperuntukkan sebagai alat penyegel untuk bahan kemasan yang bisa divacuum saja. Misalnya seperti bahan nylon yang memiliki kemampuan untuk bisa divacuum.

Di antara banyaknya jenis alat press plastik kemasan yang digunakan, jenis alat press plastik apa yang paling membantu Anda mengefektifkan pekerjaan? Temukan jawabannya di bawah ini.

Anda bisa pakai jenis mesin sealer ini…

Jika kita berbicara tentang efektivitas, ada cukup banyak ukuran efektivitas yang bisa kita ukur. Misalnya mengukur tingkat efektivitas dari segi kecepatan, atau dari segi efektivitas dalam menjaga produk tetap terjaga baik, dan sebagainya. Banyaknya efektivitas yang bisa diukur ini sebenarnya bisa diukur berdasarkan kebutuhan dan tujuan utama Anda.

Namun, kebanyakan masalah yang ada selama menggunakan mesin sealer ini adalah penyegelan yang tidak presisi sehingga membuat kemasan nampak tidak rapih. Selain itu ada pula masalah waktu yang terbuang sangat banyak karena penyegelan kemasan dilakukan satu persatu yang dibantu dengan tenaga manusia pula.

Hal-hal tersebut sangat tidak mengefektifkan pekerjaan. Padahal alat press plastik sangat penting untuk digunakan. Untuk menjawab tantangan tersebut, Anda bisa menggunakan jenis press plastik continuous sealer. Jenis sealer yang satu ini menjadi rekomendasi untuk digunakan karena memiliki sejumlah keunggulan dibanding mesin sealer lainnya.

Mesin continuous sealer merupakan jenis mesin yang otomatis dan bisa berfungsi maksimal. Jenis mesin ini juga bisa dioperasikan untuk menyegel kemasan secara horizontal maupun vertikal. Hal yang bagus dan berkualitas dari mesin continuous sealer ini adalah Anda tidak perlu menyegel kemasan satu persatu lagi karena mesin bisa bekerja secara otomatis dan berkelanjutan.

Baca juga: Pemilihan Kemasan Berpengaruh Terhadap Kedaluwarsa Makanan

Inilah yang membuat proses pengemasan yang dilakukan bisa dilakukan lebih cepat. Tidak hanya itu, sebuah mesin continuous sealer juga bisa menyegel kemasan lebih presisi. Kecepatan penyegelan yang dilakukan oleh mesin continuous sealer pun bisa diandalkan. Hal tersebut sudah sangat jelas akan sangat membantu produk terkemas dalam waktu singkat tanpa membuang banyak waktu dan tenaga.

Selain itu, jika Anda menggunakan jenis press plastik ini, Anda tidak membutuhkan tenaga manusia yang banyak karena satu orang pun bisa mengoperasikan mesin ini dengan mudah. Hampir semua jenis produk bisa dikemas dengan mudah oleh mesin continuous sealer. Untuk itu, apapun produk yang Anda jual, akan lebih efektif jika disegel dengan mesin continuous sealer apalagi jika usaha yang dijalankan sudah cukup besar.

Jika Anda mencari jenis mesin sealer yang mengefektifkan proses pengemasan dari segi kecepatan dan efektivitas tenaga manusia yang digunakan, maka menggunakan mesin continuous sealer adalah jawaban yang tepat. Harga yang ada pun sangat bervariasi sehingga Anda bisa menentukan jenis mesin yang dibutuhkan sesuai dengan kesediaan anggaran.

Berita Lainnya

Open chat
1
Kemasan apa yang kakak butuhkan hari ini? 😊