Perbedaan Plastik PE dan PP Dari Segi Bahan dan Penggunaannya

Share on whatsapp
Share on facebook

Perbedaan plastik PE dan PP selama ini belum diketahui secara umum oleh khalayak luas. Padahal ini bisa jadi sesuatu yang sangat mengetahui secara jelas perbedaan dari kedua jenis plastik yang sangat banyak penggunaannya ini akan sangat membantu produsen menentukan kemasan yang tepat untuk produknya. Ketika kamu sudah mengetahui tentang bahan plastik maka kamu bisa dengan mudah menentukan bahan plastik yang mampu menjawab kebutuhan produkmu.

Selama ini, ada begitu banyak jenis plastik kemasan yang tersebar. Berbagai jenis produk dengan beragam tekstur dan karakteristik yang berbeda pasti memiliki bahan plastik yang juga berbeda. Sesama produk snack saja bisa jadi punya plastik kemasan dengan bahan yang berbeda loh. Hal ini lagi-lagi bisa berpengaruh oleh karakteristik setiap produk yang berbeda. Bisa jadi akan sangat tergantung dari cara pengolahannya, penggunaan bahan baku, dan sifat alami dari produk tersebut.

Memilih bahan plastik kemasan yang akan kamu gunakan memang bisa terbilang cukup sulit. Apalagi kalau kamu baru mulai merintis usaha yang mengharuskan kamu menunjang produk dengan kemasan. Ada beberapa hal teknis yang perlu kamu ketahui terkait penggunaan bahan plastik kemasan yang akan kamu gunakan. Hal ini karena plastik memiliki molekul dan bahan khusus yang akan menopang dan menjaga kualitas produkmu.

Untuk produk makanan misalnya snack, jajanan tradisional, makanan instan, atau makanan beku, keberadaan plastik kemasan akan sangat membantu. Selain menjadi alat untuk menjaga kualitas produk, plastik kemasan juga akan membantu kamu dalam pemasaran dan identitas produk.

Ilustrasi plastik PE dan PP

Dalam hal ini, banyak produsen menggunakan bahan plastik aluminium, nylon, PE, dan PP untuk menjawab semua kebutuhan produknya. Tapi, dari keempat bahan yang sudah sangat umum tersebut, masih banyak orang yang belum bisa membedakan plastik PE dan PP.

Perbedaan plastik PE dan PP sering kali mengecoh para produsen. Maka dari itu, supaya enggak salah lagi, melalui artikel ini kami akan merangkum perbedaan dari kedua jenis plastik tersebut. Simak uraian selengkapnya, ya!

Plastik PP

Plastik PP merupakan salah satu jenis plastik yang penggunannya banyak untuk mengemas snack kering. Bahan PP (PolyPropylene) menjadi bahan yang umum pemakaiannya oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Jenis plastik yang satu ini terkenal dengan bahan yang fleksibel dan tidak beracun. Jadi, pastinya sangat aman untuk digunakan dalam pengemasan makanan dan produk konsumsi.

Bahan plastik PP juga mudah kamu kenali dari permukaannya yang licin dan daya tahan yang tinggi. Harga untuk plastik PP juga relatif lebih murah daripada dengan bahan plastik yang lain, sehingga penggunaannya sangat efektif untuk produsen yang baru merintis usahanya.

Apabila kita membandingkan jenis plastik PP dengan plastik PE, bahan PP bisa terbilang jauh lebih baik karena mampu menahan dan menjadi penghalang yang baik daripada bahan PE. Dari sisi kekuatannya terhadap suhu tinggi pun bahan plastik PP masih lebih unggul daripada bahan PE. Plastik PP kuat untuk menghadapi suhu tinggi namun resistensinya sangat rendah di suhu yang rendah.

Baca juga: 4 Jenis Plastik Kemasan Fleksibel Paling Banyak Dicari

Tidak hanya dari sisi kekuatannya dalam menghadapi suhu tinggi, bahan PP juga bisa menjadi jawaban bagi para pengusaha makanan beku (non-vacuum). Hal ini karena bahan plastik PP memiliki permeabilitas yang lebih kecil terhadap air daripada jenis PE sehingga kemungkinan untuk menembus uap air akan jauh lebih sulit.

Walau secara lebih jauh bahan ini bisa terlihat sangat serupa, namun ada keunikan tersendiri yang bisa kamu kenali dari kedua bahan ini. Kombinasi yang sangat baik dari fleksibilitas, kekuatan, dan ketahanan menjadi hal yang sangat tepat untuk kamu gunakan dalam pengemasan produkmu. Bahkan penggunaan jenis plastik ini juga bisa untuk komponen kelistrikan hingga rumah sakit loh.

Plastik PE

Selanjutnya adalah bahan plastik PE. Beberapa orang sering keliru dengan menganggap bahan plastik ini sama seperti bahan plastik PP padahal keduanya memiliki perbedaan. PE atau yang lengkap disebut sebagai Polietilen merupakan bahan plastik yang fleksibel dan mudah bentuk.

Bahan plastik PE pun tidak terbatas pada penggunaan kemasan snack saja melainkan juga bisa kamu gunakan untuk mengemas produk yang memiliki bahan cair. Namun, walaupun begitu kamu juga perlu memerhatikan produk yang kamu kemas tidak bermuatan lemak dan minyak berlebih. Plastik PE terkenal dengan bahan yang sangat lentur sehingga sangat bagus dan cocok untuk produsen yang ingin menjaga produk tidak bocor.

Bahan plastik PE menjadi bahan yang juga bisa kamu andalkan untuk mengemas produk selain produk makanan. Pemanfaatana bahan ini biasanya untuk mengemas produk aksesoris hingga clothing. Fleksibilitasnya yang tinggi juga memungkinkan kamu mencetak produk ke dalam ukuran dan bentuk kemasan yang beragam.

Tidak hanya itu, plastik PE juga menjadi bahan yang kuat terhadap asam, deterjen, alkohol, dan basa. Jika bahan PP tidak kuat menghadapi suhu yang rendah, bahan PE cukup kuat dan bisa kamu andalkan di suhu rendah karena bahan PE mampu menyimpan bahan pada suhu pembekuan hingga -50C.

Perbedaan plastik PE dan PP yang sangat mendasar sebenarnya bisa terlihat dari ketahanannya dalam menjaga produk. Sebagai contoh nyata, sebuah studi penelitian dari tiga mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Achmad Furqon A. Q, Iffan Maflahah, dan Askur Rahma menunjukkan bahwa produk nugget gembus dalam kemasan plastik PE mengalami peningkatan air saat hari ke 20. Hal tersebut mungkin terjadi karena beberapa faktor, misalnya karena peningkatan suhu dan adanya penurunan kelembaban.

Hal yang sangat menarik bisa kita lihat dari penelitian ini bahwa jenis kemasan yang produsen gunakan sangat memengaruhi kadar protein dari nugget gembus. Jenis bahan plastik PP mampu melindungi kadar protein yang terkandung dalam nugget gembus, hal tersebut sangat berbeda dengan bahan PE yang mengalami penurunan kadar protein karena pengaruh mikroorganisme yang ada pada nugget.

Oleh karena itu bisa lebih jelas terlihat bahwa produk nugget gembus dalam hal ini bisa mempertahankan kualitasnya jika menggunakan bahan PP daripada bahan PE.

Kesimpulan

Perbedaan plastik PE dan PP sebenarnya bisa sangat memengaruhi kualitas dan ketahanan produk. Walau secara sekilas kedua bahan ini memiliki kesamaan, namun jika kita berbicara secara teknis dari segi bahannya, bahan plastik PP jauh lebih unggul karena mampu melindungi produk dengan lebih maksimal.

Plastik jenis PP bahkan sudah terbukti mampu mempertahankan kandungan protein yang terdapat pada produk nugget gembus karena permeabilitas terhadap gas yang lebih rendah dari jenis plastik PE. Permeabilitas terhadap gas yang mampu tertahan dengan baik oleh jenis PP menyebabkan berkurangnya proses oksidasi yang mendukung pertumbuhan bakteri.

Jenis pengemasan yang kamu gunakan akan sangat memengaruhi kualitas produk kamu loh. Maka, penting untuk mengetahui kecocokan produk kamu dengan bahan plastik yang tepat. Jangan sampai produk kamu mengalami penurunan kualitas hanya karena salah menggunakan bahan kemasan plastik, ya!

Selain memerhatikan bahan, perlu juga untuk memerhatikan sistem pencetakan yang kamu gunakan pada kemasan. Kualitas cetak yang baik dengan penggunaan warna yang bagus akan menambah nilai jual produkmu dan menjadikan merek kamu berkelas dunia.

Berita Lainnya