News Update

4 Jenis Plastik Kemasan Fleksibel Paling Banyak Dicari

  • 10 Juni 2020

Ada begitu banyak plastik yang ada di pasaran. Berbagai bahan dan jenis plastik yang digunakan untuk setiap produk sangat menentukan kualitas produk yang ada. Harga plastik kemasan di pasaran pun sangat beragam dan tersedia di banyak tempat. Namun, tidak semua penjual plastik bisa menyelesaikan cetak plastik kemasan dengan baik.

Permintaan untuk cetak plastik kemasan di pasaran memang sangat banyak. Kesadaran produsen untuk mencetak plastik kemasan yang menunjang penjualannya semakin tinggi belakangan ini. Terlebih, plastik kemasan yang dicetak full color tidak hanya bisa berfungsi selayaknya kemasan pada umumnya. Namun juga bisa menjadi identitas produk yang membawa keuntungan bagi produsen.

Beberapa tahun yang lalu, tidak semua produk bisa menggunakan plastik kemasan yang dicetak full color. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa alasan. Mulai dari sulitnya mencari jasa cetak plastik kemasan yang mau melayani pelanggan dengan kuantitas cetak kemasan yang kecil, hingga mahalnya biaya cetak plastik kemasan.

Bersama dengan FlexyPack, Anda bisa memiliki kemasan full color yang bisa memengaruhi penjualan Anda. Tidak perlu khawatir soal kuantitas cetak kemasan yang biasanya akan sangat menyulitkan produsen. Di FlexyPack, Anda bisa mencetak kemasan dengan kuantitas terendah mulai dari 500 pcs. Jika belum memiliki desain yang sesuai, Anda bisa menggunakan jasa desain yang juga tersedia dan bisa disesuaikan dengan selera dan identitas produk yang dibangun.

Jika Anda baru pertama kali ingin mencetak kemasan full color, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan. Salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah jenis-jenis plastik yang banyak digunakan di pasaran. Keempat jenis kemasan yang ada di pasaran digunakan berdasarkan bentuk produk dan tingkat proteksi yang diperlukan produk tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

Sachet

Contoh kemasan sachet

Jenis kemasan sachet adalah jenis yang cukup banyak digunakan oleh produsen untuk mengemas produk yang tidak begitu berat dan ukurannya juga tidak begitu besar. Produk yang ada di kemasan sachet biasanya akan sangat memudahkan konsumen untuk mengonsumsi atau menggunakannya dalam satu kali pemakaian.

Kemasan sachet sangat terkenal dengan efisiensi dan efektivitasnya dalam mengemas produk. Produk yang hadir dalam kemasan sachet merupakan jawaban dan solusi untuk mengisi kebutuhan konsumen yang memerlukan produk dalam kemasan yang bisa ringan dibawa, mudah dimasukkan ke dalam saku, dan memiliki harga ekonomis.

Di FlexyPack, Anda bisa mendapatkan kemasan sachet dalam berbagai ukuran seperti 8×12 cm, 12×15 cm, 15×25 cm, dan 20×30 cm. Keempat ukuran sachet tersebut bisa digunakan pada cukup banyak produk, namun karena ukurannya yang cukup terbatas maka usahakan jika produk tidak melebihi ukuran kemasan karena akan menyulitkan konsumen untuk membuka produk. Selain itu, produk yang terlalu besar dalam ukuran kemasan sachet juga tidak bisa terjaga dengan baik.

Pilihan bahan plastik yang digunakan untuk cetak kemasan sachet terdiri dari dua pilihan, yaitu nylon dan aluminium foil. Bahan ini menjadi sangat penting untuk digunakan karena akan memengaruhi kualitas kemasan yang dikemas. Beberapa produk bahkan akan mudah rusak jika tidak dikemas dengan pilihan bahan kemasan yang tepat.

Baca juga : Jual Plastik Kemasan

Kedua bahan kemasan tersebut memiliki karakteristik dan kualifikasi yang berbeda. Keduanya bisa memperpanjang shelf-life produk namun Anda juga perlu memerhatikan kesesuaian produk yang dikemas dengan kemampuan bahan kemasannya. Contohnya, jika produk membutuhkan perlindungan dari sinar matahari maka sebaiknya menggunakan bahan kemasan aluminium foil.

Bahan sachet dan aluminium yang ada di kemasan sachet bisa menjamin produk Anda terjaga dengan baik karena keduanya memiliki keunggulan tersendiri dalam mempertahankan kualitas produk. Banyak juga di antaranya bahkan bisa meningkatkan efisiensi penjualan.

Standing pouch

Contoh kemasan standing pouch

Selanjutnya adalah kemasan standing pouch. Kemasan yang bisa dikatakan cukup jauh lebih unggul karena walau terbuat dari kemasan fleksibel, jenis kemasan standing pouch mampu berdiri sehingga kemasan terlihat lebih menarik. Tidak hanya itu, dibanding dengan sachet, kemasan standing pouch jadi kemasan yang bisa ditambahkan banyak aksesoris yang menunjang produk.

Kemasan standing pouch berukuran jauh lebih besar dari kemasan sachet. Tidak heran jika jenis kemasan ini bisa menjadi solusi dari hampir semua produk (terutama pangan) yang ada di pasaran. Penggunaan kemasan standing pouch mampu memberi nilai tambah yang lebih karena ukurannya dikatakan cukup pas.

Di FlexyPack, ada beberapa pilihan ukuran kemasan standing pouch. Seperti 13×20 cm, 14×23 cm, dan 16×25 cm. Sama seperti kemasan sachet yang memiliki dua pilihan bahan, kemasan standing pouch juga memiliki dua pilihan bahan yakni nylon dan aluminium foil.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kemasan standing pouch memiliki cukup banyak aksesoris yang memudahkan konsumen maupun produsen. Aksesoris kemasan yang pertama adalah zipper. Zipper atau zip lock memiliki fungsi yang sama seperti resleting, untuk membuka dan menutup dengan mudah.

Penggunaan zipper lock pada kemasan standing pouch sangat memudahkan banyak konsumen. Hal ini karena konsumen bisa dengan mudah membuka atau menutup kemasan ketika sudah dikonsumsi. Selain itu produk juga tidak mudah melempem karena keberadaan zipper sudah sangat memudahkan konsumen Anda.

Berbagai produk mulai dari makanan ringan, kopi, masker, hingga frozen food bisa melakukan pengemasan dengan standing pouch. Selain zipper, ada pula standing pouch yang dilengkapi dengan degassing valve. Kalau aksesoris yang satu ini sangat cocok digunakan untuk produk kopi maupun makanan hewan.

Sebagai produk yang sensitif terhadap oksigen dan cahaya matahari, kopi maupun makanan hewan membutuhkan sebuah kemasan yang mampu menjaga produk dari dua hal tersebut.

Vacuum pack

Contoh kemasan vacuum

Vacuum pack menjadi produk yang bisa digunakan oleh produsen untuk mengemas makanan beku, daging olahan, keju, hingga bumbu dapur halus yang produknya mudah rusak. Produk-produk tersebut memang mudah basi, bahkan jika sudah diproduksi dengan cara paling steril sekalipun.

Bahan plastik yang digunakan pada kemasan vacuum pack adalah jenis nylon. Bahan nylon terkenal dengan kualitas bahan yang tebal, sulit pecah, dan anti robek. Kelebihan dari bahan nylon yang dicetak menjadi vacuum pack adalah konsep window pouch bisa mengajak konsumen untuk melihat wujud asli dari produk Anda.

Hal ini bisa memberi kesempatan konsumen untuk melihat produk dengan mudah. Konsep window pouch tidak membuat konsumen Anda bertanya-tanya, bahkan Anda bisa menggabungkan konsep window pouch dengan desain yang menarik. Tersedia dalam dua ukuran yang memudahkan Anda untuk mengemas produk ke dalam ukuran 15×25 cm, dan 20×30 cm.

Custom roll stock

Contoh kemasan roll stock

Jika Anda mau mencetak kemasan dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka jawabannya adalah kemasan custom roll stock. Mungkin ukuran yang ada di tiga kemasan sebelumnya tidak sesuai dengan produk Anda, hal itu bisa saja terjadi, dan solusinya saat ini adalah mencetak plastik kemasan custom roll stock.

Mencetak kemasan dengan kemasan custom roll stock memberikan keleluasaan untuk Anda menentukan ukuran dan bahan yang akan digunakan. Untuk kemasan roll stock, kami memiliki berbagai pilihan bahan plastik seperti PET, LLDPE, OPP, Nylon. Kemasan roll stock akan mencetak desain kemasan ke dalam bentuk roll sehingga Anda bisa dengan mudah mengemasnya dengan mesin filling dan sealer dalam waktu yang bersamaan.

Hal ini bisa mempermudah Anda untuk mendapatkan kemasan yang sangat sesuai untuk melengkapi kebutuhan produk. Tanpa repot, Anda bisa langsung pesan kemasan sekarang juga!

Berita Lainnya

Open chat
1
Kemasan apa yang kakak butuhkan hari ini? 😊