News Update

kemasan standing pouch Untuk Cetak Plastik Kemasan Kopi

  • 31 Maret 2020

Penggunaan kemasan standing pouch pada Cetak Plastik Kemasan kopi pasti sudah sangat umum di kalangan produsen karena kualitasnya yang baik. Namun, apakah Anda sudah akrab dengan istilah degassing valve yang sebaiknya digunakan untuk mengemas biji maupun bubuk kopi? Bagi Anda para pengusaha kopi, sebaiknya mulai dari sekarang gunakan degassing valve pouch untuk menjaga kualitas kopi Anda.

Kemasan standing pouch sebagai jenis kemasan paling populer yang biasa digunakan untuk produk-produk UMKM memang mempunyai banyak keunggulan. Selain bisa dapat berdiri sendiri, memiliki zipper, dan kualitas material yang bisa menjaga produk, standing pouch bisa memudahkan Anda untuk menjual dan membuat produk terlihat lebih menarik. Beberapa produk bahkan benar-benar terlihat lebih menonjol saat menggunakan standing pouch.

Produk kopi (termasuk biji dan bubuk) sedang marak akhir-akhir ini. Gaya hidup masyarakat yang banyak mengonsumsi kopi belakangan ini membuat produksi kopi Indonesia meningkat tajam. Tidak dapat dipungkiri, kopi asli Indonesia pun memiliki kualitas dan rasa yang sangat unik.

Sebagai negara produsen kopi yang cukup besar, pertumbuhan UMKM atau lini usaha lain yang bergerak di bidang penjualan kopi pun tumbuh subur. Ekspor biji dan bubuk kopi jadi sesuatu yang memungkinkan belakangan ini. Namun, untuk menunjang ekspor, produk kopi tersebut juga perlu dikemas dengan cara pengemasan yang sangat baik agar kualitas yang ada pada kopi tidak hilang.

Saat ini cetak plastik kemasan untuk mengemas kopi sudah sangat mudah. Ada cukup banyak jenis plastik kemasan yang bisa dijadikan material utama untuk pengemasan. Jika Anda menggunakan kemasan standing pouch, material aluminium foil bisa jadi solusi yang tepat.

Degassing valve

Setelah mengulas sedikit tentang standing pouch dan potensi serta kemajuan yang bisa digapai produsen kopi Indonesia. Kini kita masuk ke dalam pembahasan degassing valve. Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan degassing valve?

Degassing valve sering juga disebut sebagai katup udara. Pada standing pouch, degassing valve biasanya akan diletakkan di bagian depan kemasan. Penggunaan degassing valve merupakan sesuatu yang sebenarnya krusial pada kemasan kopi, hal ini karena sebuah biji kopi sangat sensitive terhadap oksigen. Udara dan gas pada kemasan kopi menjadi sesuatu yang sangat perlu diperhatikan.

Dalam sebuah kemasan standing pouch untuk produk kopi, degassing valve bisa dikatakan sebagai hal wajib yang bisa menjaga kualitas kopi terutama (roasted bean). Secara sederhana, degassing valve bisa melepaskan gas CO2 sehingga kopi tetap terjaga kesegaran, aroma, dan cita rasanya. Dengan konsep kerja yang begitu, maka tidak heran jika sebuah degassing valve juga disebut sebagai katup pelepas udara.

Pada dasarnya, katup udara tersebut tidak hanya bisa berfungsi di produk kopi. Produsen makanan hewan peliharaan atau pet food pun bisa menggunakan degassing valve. Gas yang ada pada pet food bisa dikeluarkan dengan mudah jika menggunakan katup udara pembuang gas tersebut.

Keuntungan dan menfaat menggunakan degassing valve

Ada beberapa keuntungan dan manfaat menggunakan degassing valve. Simak 3 keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan degassing valve untuk kemasan kopi Anda.

1. Meningkatkan shelf-life

Jika Anda berencana untuk menjual produk ke banyak daerah dengan waktu pengiriman yang tidak sedikit, sebaiknya gunakan tambahan degassing valve pada standing pouch yang Anda miliki. Fungsi dari degassing valve juga bisa menjaga dan meningkatkan shelf life produk. Seperti yang sudah disinggung di paragraph sebelumnya, sebuah kopi memiliki tingkat sensitivitas yang cukup tinggi terhadap udara dan gas tertentu. Jika gas CO2 yang ada pada kopi tidak dikeluarkan, maka akan menyebabkan kesegaran kopi akan berkurang.

2. Menjaga kesegaran dan aroma

Selain cita rasa, hal yang penting dari sebuah kopi adalah sebuah aroma dan kesegaran. Bahkan tidak jarang aroma dan kesegaran menjadi indikator pertama untuk keputusan konsumen dalam pembelian produk Anda. Jika kesegaran dan aroma yang ada sudah mengecewakan sejak awal, bisa dikatakan hal tersebut juga akan berdampak pada cita rasa yang ada.

3. Kemasan berfungsi secara maksimal

Sebuah plastik kemasan tidak hanya berfungsi sebagai media untuk menarik perhatian pelanggan dengan menggunakan banyak desain dan warna yang menarik. Sebuah kemasan yang diberikan tambahan degassing valve pun bisa berfungsi secara maksimal untuk menjaga dan mengatasi kerusakan yang ada pada produk kopi. Tidak perlu khawatir katup udara akan mengganggu dan merusak desain kemasan yang ada. Tanpa disadari sebenarnya keberadaan degassing valve bahkan bisa memancing rasa penasaran konsumen.

Jenis plastik yang tepat untuk kopi

Kalau degassing valve sangat dianjurkan penggunaannya untuk melepaskan gas CO2 pada kemasan, lalu jenis bahan plastik apa ya yang tepat untuk mengemas kopi?

Penggunaan degassing valve perlu dibarengi dengan pemilihan bahan plastik yang digunakan pada kemasan kopi. Hal ini dilakukan agar kemasan bisa berfungsi maksimal, dan produk kopi juga bisa terjaga dengan baik sampai di tangan konsumen. Jika keduanya (degassing valve dan jenis bahan yang tepat) digunakan secara bersamaan, dengan sistem pengemasan yang menjaga higienitas, maka keluhan-keluhan konsumen menerima produk yang rusak bisa ditekan.

Di antara banyaknya jenis bahan kemasan yang ada di pasaran selama ini, tidak semuanya bisa digunakan untuk mengemas kopi. Karena setiap kemasan memiliki karakteristik dan perbedaan yang sangat unik, hal itulah yang menyebabkan setiap kemasan juga tidak bisa disamaratakan penggunaannya.

Jenis bahan aluminium foil dianggap sebagai bahan yang paling tepat untuk mengemas kopi. Dibanding jenis nylon, PET, PP, atau bahan lainnya, sebuah aluminium foil menjadi lebih unggul untuk mengemas kopi karena anti udara, anti lembab, sehingga mampu mempertahankan cita rasa kopi tetap segar.

Produk kopi yang sudah diolah dengan baik bisa tetap memiliki kondisi terbaiknya walau sudah masuk ke dalam tahap pengemasan dan distribusi barang yang cukup panjang. Bahan aluminium foil tidak hanya mampu menjaga produk kopi tetap berkualitas, namun juga bisa mengangkat nilai jual.

Aluminium foil merupakan jenis plastik kemasan yang terbuat dari campuran bahan tertentu yang membuatnya tidak tembus cahaya matahari. Agaknya hal itulah yang menyebabkan kemasan alu menjadi jenis yang tepat untuk bubuk pun biji kopi.

Penggunaan kemasan aluminium foil pada kemasan kopi digunakan untuk menghindari penggumpalan bubuk kopi jika terkena udara lembab. Kopi sebagai produk yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi memang menjadi barang yang cukup sulit untuk dikemas. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk permasalahan ini.

Dengan aluminium foil dan degassing valve, Anda bisa lebih leluasa untuk melakukan perluasan bisnis karena produk sudah terjamin aman. Tidak perlu ragu lagi untuk mulai menjalankan ekspansi ke luar negeri sekalipun. Distribusikan produk kopi yang sudah diolah dengan sangat berkualitas ke banyak lokasi dari sekarang. Mulai dari toko online sampai toko offline. Kesempatan ada di depan mata Anda sekarang!

Berita Lainnya

Open chat
1
Diskon 50% dengan kode vocer "NAIKLEVEL" sampai dengan Rp1,000,000 supaya kemasan kakak tambah keren 🤩dan laku! 🥳

Kemasan apa yang kakak butuhkan hari ini? 😊